Selamat Malam !
Bi-Go . Kali ini Saya akan men-share Post Yang sangat Menarik , Yaitu Teknologi Dibalik Stir Mobil Formula 1 , yang sangat Canggih , langsung aja ya di Simak nih :)
Strir F1 |
Segala sesuatu tentang balapan tidak ada yang lebih unik dari balapan Formula 1, dimana dalam setiap mobil F1 diperlukan tingkat engineering dan konsentrasi tinggi untuk dapat menggambarkan tantangan setiap driver pada roda kemudi mereka. Seperti kita kitahui bahwa kendaraan Formula 1 itu sendiri merupakan sebuah mesin jet kendaraan beroda empat yang berada di daratan karena cepatnya mobil itu melaju serta tingkat kesulitan setiap tikungan yang dilewati menjadikan balapan mobil ini mempunyai nilai seni yang lebih tinggi. Namun apakah kalian tahu tentang serat karbon dari steer yang dikemudikan oleh para driver tersebut ?
Demonstrasi gambar antara pembalap Mercedes Lewis Hamilton dan legenda F1 tahun ’50-an Sir Stirling Moss
Setiap roda kemudi berbeda dengan spesifikasi masing-masing mobil, yang artinya menyesuaikan dengan tingkat kemampuan seorang driver tersebut untuk dapat mengontrol setiap laju mesin kendaran formula 1 tersebut. Selain itu steer ini juga berfungsi sebagai pusat pesan dari kru pit dan marsekal ras, dan di era F1 modern steer ini pula yang memegang dayung untuk mengendalikan transmisi. sekarang mari kita lihat teknologi canggih dibalik steer pada tombol kemudi Formula 1.
1. Tombol MSG OK
Merupakan tombol multifungsi digunakan untuk menset semua fungsi-fungsi yang terdapat didalam mobil.
2. Tombol Menu scroll buttons
Tombol ini berfungi sebagai tombol untuk memilih menu-menu yang ada didalam mobil.
3. Tombol Differential adjustment
Tombol ini berfungi untuk mengatur traksi dan grip pada ke empat roda, mengatur stabilitas pengereman dan juga mengatur sistim pada mobil pada saat berbelok.
4. Tombol Neutral switch
Tombol ini berfungi untuk mengatur kembali settingan mobil ke posisi normal.
5. Tombol Front wing switch
Tombol untuk mengatur dan menyesuaikan sudut sayap/bumper depan mobil untuk meningkatkan downforce.
6. Tombol Radio LED
Menyala dengan warna biru untuk menginformasikan kepada pengemudi tentang arahan-arahan dari pit.
7. Tombol Pit-to-car radio
Fungsi nya untuk mematikan dan menghidupkan fungsi komunikasi radio
8. Tombol Fuel mix adjustment
Mengatur campuran bahan bakar, baik untuk memelihara atau meningkatkan performa mesin, sesuai dengan yang diperlukan.
9. Tombol Throttle map override
Mengatur katup mesin dan juga menyesuaikan dengan karakteristik yang sesuai dengan kondisi lintasan.
10. Tombol Overtake button
Mengatur dan meningkatkan kecepatan mesin dalam sekejap ke posisi maksimal yaitu 18.000 rpm. Kecepatan ini dibutuhkan pada saat pembalap akan menyalip.
11. Tombol Pitlane speed limiter
Mematikkan dan menghidupkan fungsi tombol pengontrol kecepatan pada saat berada di pitlane, seperti yang sobat semua ketahui bahwa didalam pitlane kecepatan mobil harus dikurangi apabila tidak di taati maka akan dikenai hukuman.
12. Tombol Engine breaking level
Tombol ini difungsikan pada saat keadaan lintasan basah, yang bermanfaat untuk meningkatkan stabilitas belakang roda belakang mobil.
13. Tombol Tyre configuration
Tombol yang berfungsi untuk mengoptimalkan pengaturan ban dan juga berfungsi untuk mengaktifkan lampu belakang pada saat keadaan hujan.
14. Tombol Master multifunction switch
Memungkinkan pengemudi untuk mengakses sejumlah pengaturan sistem mesin mobil, kendali sayap depan/belakang, kendali “aero” yang berfungsi yang memantau dan memaksimalkan aliran udara mobil.
Dengan steer ini pembalap bisa memainkan Mozart piano concerto pada kecepatan 200 mph.
Sumber ini : http://tech.andaikata.com